Digital Marketing

https://www.duniakampus40.net/ 

Istilah digital marketing akhir-akhir ini sangat ramai diperbincangkan, di era digital ini pemasaran secara digital sangat diperlukan. Pemasaran tradisional sudah lagi tidak efektif. Mari kita mengetahui lebih jauh terkait digital marketing. Digital marketing ini sendiri dapat dikatakan sebagai usaha pemasaran menggunakan perangkat elektronik ataupun internet dengan berbagai macam taktik marketing dan media digital dimana anda dapat berkomunikasi dengan konsumen yang menghabiskan waktu di online. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Sebenarnya, apa tujuan digital marketing? Sampai-sampai riset mengatakan bahwa lebih dari 50% perusahaan sangat tertarik untuk meningkatkan budget digital marketing mereka. Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas. 

Jenis-jenis digital marketing ini sendiri ada beberapa. Pertama, Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah. Kedua, Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat. Ketiga, Social Media Marketing, edarkan platform pada media sosial, hal ini dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Keempat, Online Advertising dimana ini media promosi melalu internet dengan berbayar tetapi dapat dengan cepat mendapat konsumen walaupun agak mahal. Kelima, Email Marketing dimana anda dapat mengetahui promosi yang sedang berlangsung baik prduk maupun jasa. Terakhir, Video Marketing dengan ini anda dapat dengan enak dan detail menjelaskan tentang produk atau jasa yanga nda tawarkan

Mengapasi digital marketing ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis? Pertama, digital marketing dapat memberikan arah yang pasti untuk perusahaan. Kebanyakan perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing tidak memiliki tujuan strategis yang jelas. Mereka tidak punya bayangan terkait tujuan apa yang ingin merek capai dengan pemasaran online. Kedua, jika tidak memiliki digital marketing maka competitor akan meraih perhatian pelanggan kita. Lagi-lagi kami sampaikan bahwa perusahaan yang tidak memiliki digital marketing pasti akan sangat merugi. Ketika perusahaan kita tidak mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasai digital marketing, maka kompetitor kita yang akan melakukannya. Ketiga, digital marketing membantu kita mengenal target pelanggan melalui online. . Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita. Keempat, digital marketing memberi informasi yang rinci tentang pelanggan. Seperti kita bisa tau apa yang banyak digunakan ole kaum milenial sekarang dan trendi apa yang banyak dibeli oleh konsumen. Kelima, digital marketing membantu kita menumbuhkan nilai online yang kuat “Eh kamu tau situs web atau akun Instagram itu gak? Banyak banget followersnya, sepertinya produknya bagus deh jadi banyak yang beli”. Pernah tidak rekan-rekan Career Advice mendengar percakapan yang seperti itu? Atau malahan rekan pembaca sendiri yang mengatakan hal tersebut kepada rekan-rekan kerja atau kerabat Anda? Dari percakapan singkat di atas kita bisa melihat bagaimana digital marketing akan membantu bisnis atau usaha rekan pembaca untuk memiliki “nilai online” yang kuat. Penerapan strategi digital marketing yang tepat akan membuat pelanggan lama semakin setia dengan produk kita, dan pelanggan produk lain akan beralih ke produk kita. 

 

Keenam, digital marketing dapat menghemat anggaran pengeluaran perusahaan. Perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang banyak untuk membuat flyer, iklan cetak, brosur dan lainnya. Ketujuh,  digital marketing membantu bisnis anda terkenal meskipun lingkungannya sangat luas. Salah satu kelebihan digital marketing adalah cepat untuk menjangkau pelanggan. Sehingga membantu untuk membuat bisnis jauh terkenal keseluruh dunia. Kedelapan, digital marketing membantu bisnis semakin dinamis. Digital marketing membantu kita untuk membaca segala perubahan yang ada melalui online, sehingga bisnis kita dapat beradaptasi dengan segala perubahan tersebut. Kesembilan, digital marketing membantu membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kita. Pelanggan bisa mengecek media sosial kita seperti web, Instagram, facebook, twitter dan lainnya untuk melihat seberapa terpercaya bisnis yang kami miliki berdasarkan penilaian orang lain. Terakhir, digital marketing dapat terintegrasi dengan strategi pemasaran tradisional. Maksudnya, kita bukan hanya mengandalkan perkembangan digital untuk mempromosikan produk dan layanan jasa, atau menggunakan media sosial untuk merangkul pelanggan baru yang lebih banyak. Namun, strategi pemasaran secara tradisional tetap bisa digunakan, sehingga strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan akan semakin kuat.

 

Strategi apa yang diperlukan dalam digital marketing. Pertama, gunakan buyer persona, Buyer persona adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelanggan ideal yang dapat ditentukan dengan mensurvei dan menghubungi kelompok sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Kedua, identifikasi tujuan dan alat anda. Setiap pemasar profesional tahu betapa pentingnya tahap ini. Tanpa tujuan, strategi tidak akan berhasil, jadi mendefinisikannya adalah tugas utama Anda. Pastikan bahwa tujuan yang Anda kembangkan sesuai, dan buatlah itu terukur. Ketiga, focus pada blogging. Jika Anda memiliki blog yang diperbarui secara rutin dan bermanfaat bagi pengunjung, artinya situs web Anda akan mudah ditemukan melalui mesin pencari dan dapat digunakan sebagai platform untuk kampanye pemasaran Anda. Keempat, evaluasi saluran pemasaran digital yang ada. Misalnya, jika landing page  yang Anda buat baru-baru ini efektif dalam menghasilkan prospek, gunakan lagi tetapi tingkatkan sebanyak mungkin. Hal yang sama berlaku untuk aset dan saluran lain. Kelima, otomatiskan pemasaran. Otomatisasi pemasaran sangat besar, dan hanya menjadi lebih baik dengan teknologi dan software baru. Platform otomasi pemasaran terkemuka saat ini dapat melakukan keajaiban untuk strategi pemasaran digital Anda, sehingga memudahkan Anda untuk mengotomatiskan aktivitas seperti pemasaran konten, pemasaran email, perolehan prospek, dan banyak lagi.

            Keenam, optimalkan pemasaran sellular, Ini adalah era yang mengutamakan seluler, dan tidak ada alasan untuk tidak menyempurnakan situs Anda demi pengalaman seluler yang luar biasa. Pengoptimalan seluler mencakup kecepatan halaman, desain situs, dan berbagai praktik pengoptimalan mesin telusur lainnya untuk memastikan bahwa orang yang mengunjungi situs Anda menggunakan perangkat seluler mendapatkan pengalaman yang baik. Ketujuh, mudahkan pelanggan menjangkau anda. Oleh karena itu, strategi pemasaran digital Anda harus memastikan bahwa prospek dan pengunjung Anda tidak mengerahkan upaya yang buruk untuk terhubung dengan Anda. Terlibat dengan pelanggan Anda sangat berharga untuk bisnis Anda. Kedelapan, gunakan teknologi yang tepat. Untuk strategi pemasaran digital yang tepat, Anda memerlukan alat seperti software otomatisasi pemasaran serta alat industri yang benar. Ada alat yang dapat membantu Anda selama setiap tahap proses pemasaran digital, termasuk alat yang membantu Anda mengidentifikasi sasaran hingga alat yang membantu Anda melacak dari mana pengunjung Anda berasal, contohnya adalah Google analytic. Kesembilan, pastikan unique selling point anda. Setiap perusahaan memiliki proposisi penjualan yang unik, atribut yang membedakan Anda dari pesaing. Lakukan penelitian dan bekerja untuk mencari tahu apa itu. Terakhir, lacak selalu proses marketing anda. Pemantauan konstan harus dilakukan untuk memastikan bahwa strategi bekerja secara efektif. Ini dilakukan dengan menugaskan tim yang akan melaksanakan tugas ini. Ingatlah untuk belajar dari kesalahan dan selalu temukan peluang peningkatan.

 

 

Komentar

Posting Komentar