https://www.duniakampus40.net/
Istilah digital marketing akhir-akhir
ini sangat ramai diperbincangkan, di era digital ini pemasaran secara digital
sangat diperlukan. Pemasaran tradisional sudah lagi tidak efektif. Mari kita
mengetahui lebih jauh terkait digital marketing. Digital marketing ini sendiri dapat
dikatakan sebagai usaha pemasaran menggunakan perangkat elektronik ataupun
internet dengan berbagai macam taktik marketing dan media digital dimana anda
dapat berkomunikasi dengan konsumen yang menghabiskan waktu di online. Seperti
yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas
sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama
oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat
konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Sebenarnya, apa
tujuan digital marketing? Sampai-sampai riset mengatakan bahwa lebih dari 50%
perusahaan sangat tertarik untuk meningkatkan budget digital marketing mereka.
Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target
pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada.
Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara
lebih cepat, tepat dan luas.
Jenis-jenis digital marketing ini sendiri ada beberapa. Pertama, Website
sangat
berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen
mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah. Kedua,
Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization
(SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri dengan
waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.
Ketiga, Social Media Marketing, edarkan platform pada media sosial, hal ini
dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Keempat, Online
Advertising dimana ini media promosi melalu internet dengan berbayar tetapi
dapat dengan cepat mendapat konsumen walaupun agak mahal. Kelima, Email
Marketing dimana anda dapat mengetahui promosi yang sedang berlangsung baik
prduk maupun jasa. Terakhir, Video Marketing dengan ini anda dapat dengan enak
dan detail menjelaskan tentang produk atau jasa yanga nda tawarkan
Mengapasi
digital marketing ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis? Pertama,
digital marketing dapat memberikan arah yang pasti untuk perusahaan. Kebanyakan
perusahaan yang berjalan tanpa digital marketing tidak memiliki tujuan
strategis yang jelas. Mereka tidak punya bayangan terkait tujuan apa yang ingin
merek capai dengan pemasaran online. Kedua, jika tidak memiliki digital
marketing maka competitor akan meraih perhatian pelanggan kita. Lagi-lagi kami sampaikan bahwa perusahaan yang
tidak memiliki digital marketing pasti akan sangat merugi. Ketika perusahaan
kita tidak mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasai
digital marketing, maka kompetitor kita yang akan melakukannya. Ketiga, digital marketing membantu kita mengenal
target pelanggan melalui online. . Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat
mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung,
kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target
pelanggan kita. Keempat, digital marketing memberi
informasi yang rinci tentang pelanggan. Seperti kita bisa tau apa yang banyak
digunakan ole kaum milenial sekarang dan trendi apa yang banyak dibeli oleh
konsumen. Kelima, digital marketing membantu kita menumbuhkan nilai online yang
kuat “Eh kamu tau situs web atau
akun Instagram itu gak? Banyak banget followersnya, sepertinya produknya bagus
deh jadi banyak yang beli”. Pernah tidak rekan-rekan Career Advice mendengar
percakapan yang seperti itu? Atau malahan rekan pembaca sendiri yang mengatakan
hal tersebut kepada rekan-rekan kerja atau kerabat Anda? Dari percakapan
singkat di atas kita bisa melihat bagaimana digital marketing akan membantu
bisnis atau usaha rekan pembaca untuk memiliki “nilai online” yang
kuat. Penerapan strategi digital marketing yang tepat akan membuat
pelanggan lama semakin setia dengan produk kita, dan pelanggan produk lain akan
beralih ke produk kita.
Keenam,
digital marketing dapat menghemat anggaran pengeluaran perusahaan. Perusahaan
tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang banyak untuk membuat flyer, iklan
cetak, brosur dan lainnya. Ketujuh,
digital marketing membantu bisnis anda terkenal meskipun lingkungannya
sangat luas. Salah satu kelebihan digital marketing adalah cepat untuk
menjangkau pelanggan. Sehingga membantu untuk membuat bisnis jauh terkenal
keseluruh dunia. Kedelapan, digital marketing membantu bisnis semakin dinamis.
Digital marketing membantu kita untuk membaca segala perubahan yang ada melalui
online, sehingga bisnis kita dapat beradaptasi dengan segala perubahan
tersebut. Kesembilan, digital marketing membantu membangun kepercayaan
pelanggan terhadap bisnis kita. Pelanggan bisa mengecek media sosial kita
seperti web, Instagram, facebook, twitter dan lainnya untuk melihat seberapa
terpercaya bisnis yang kami miliki berdasarkan penilaian orang lain. Terakhir,
digital marketing dapat terintegrasi dengan strategi pemasaran tradisional. Maksudnya, kita bukan hanya mengandalkan
perkembangan digital untuk mempromosikan produk dan layanan jasa, atau
menggunakan media sosial untuk merangkul pelanggan baru yang lebih banyak.
Namun, strategi pemasaran secara tradisional tetap bisa digunakan, sehingga
strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan akan semakin kuat.
Strategi apa yang
diperlukan dalam digital marketing. Pertama, gunakan buyer persona, Buyer
persona adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelanggan ideal yang
dapat ditentukan dengan mensurvei dan menghubungi kelompok sasaran yang telah
ditentukan sebelumnya. Kedua, identifikasi tujuan dan alat anda. Setiap pemasar
profesional tahu betapa pentingnya tahap ini. Tanpa tujuan, strategi tidak akan
berhasil, jadi mendefinisikannya adalah tugas utama Anda. Pastikan bahwa tujuan
yang Anda kembangkan sesuai, dan buatlah itu terukur. Ketiga, focus pada
blogging. Jika Anda memiliki blog yang diperbarui secara rutin dan bermanfaat
bagi pengunjung, artinya situs web Anda akan mudah ditemukan melalui mesin
pencari dan dapat digunakan sebagai platform untuk kampanye pemasaran Anda.
Keempat, evaluasi saluran pemasaran digital yang ada. Misalnya, jika landing
page yang Anda buat baru-baru ini efektif dalam menghasilkan
prospek, gunakan lagi tetapi tingkatkan sebanyak mungkin. Hal yang sama berlaku
untuk aset dan saluran lain. Kelima, otomatiskan pemasaran. Otomatisasi
pemasaran sangat besar, dan hanya menjadi lebih baik dengan teknologi dan
software baru. Platform otomasi pemasaran terkemuka saat ini dapat melakukan
keajaiban untuk strategi pemasaran digital Anda, sehingga memudahkan Anda untuk
mengotomatiskan aktivitas seperti pemasaran konten, pemasaran email, perolehan
prospek, dan banyak lagi.
Keenam, optimalkan pemasaran sellular, Ini adalah era yang mengutamakan seluler, dan tidak ada alasan untuk tidak menyempurnakan situs Anda demi pengalaman seluler yang luar biasa. Pengoptimalan seluler mencakup kecepatan halaman, desain situs, dan berbagai praktik pengoptimalan mesin telusur lainnya untuk memastikan bahwa orang yang mengunjungi situs Anda menggunakan perangkat seluler mendapatkan pengalaman yang baik. Ketujuh, mudahkan pelanggan menjangkau anda. Oleh karena itu, strategi pemasaran digital Anda harus memastikan bahwa prospek dan pengunjung Anda tidak mengerahkan upaya yang buruk untuk terhubung dengan Anda. Terlibat dengan pelanggan Anda sangat berharga untuk bisnis Anda. Kedelapan, gunakan teknologi yang tepat. Untuk strategi pemasaran digital yang tepat, Anda memerlukan alat seperti software otomatisasi pemasaran serta alat industri yang benar. Ada alat yang dapat membantu Anda selama setiap tahap proses pemasaran digital, termasuk alat yang membantu Anda mengidentifikasi sasaran hingga alat yang membantu Anda melacak dari mana pengunjung Anda berasal, contohnya adalah Google analytic. Kesembilan, pastikan unique selling point anda. Setiap perusahaan memiliki proposisi penjualan yang unik, atribut yang membedakan Anda dari pesaing. Lakukan penelitian dan bekerja untuk mencari tahu apa itu. Terakhir, lacak selalu proses marketing anda. Pemantauan konstan harus dilakukan untuk memastikan bahwa strategi bekerja secara efektif. Ini dilakukan dengan menugaskan tim yang akan melaksanakan tugas ini. Ingatlah untuk belajar dari kesalahan dan selalu temukan peluang peningkatan.
begitu ya ka ok ok
BalasHapus